Peringatan bagi Anda kaum perempuan. Sebaiknya mulai membatasi makanan
olahan yang mengandung lemak trans, seperti biskuit, cake atau pie
jika ingin terhindar dari endometriosis. Makanan yang kaya akan
kandungan lemak trans, diyakini para peneliti lebih berisiko
meningkatkan kondisi rahim yang cenderung tidak subur.
Sebuah studi menemukan bahwa perempuan dengan konsumsi tertinggi lemak
trans, 48 persen lebih berisiko mengalami endometriosis dibandingkan
dengan mereka yang konsumsinya rendah. Endometriosis bisa terjadi pada
satu dari sepuluh perempuan dan dapat menyebabkan infertilitas.
Endometriosis merupakan kondisi medis pada perempuan yang ditandai
dengan tumbuhnya sel endometrium di luar rahim. Terkadang penyakit ini
tidak menimbulkan gejala sama sekali, namun dalam beberapa kasus
infertilitas ada pula yang mengalami rasa sakit yang parah.
Dalam
penelitian ini, perempuan yang menjadi partisipan diminta untuk mengisi
kuesioner berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi setiap empat tahun
antara tahun 1989 dan 2001. Peneliti kemudian menghitung seberapa banyak
perempuan yang terkena endometriosis. Hasilnya menunjukkan bahwa lemak
total dalam pola makan tidak terlalu berpengaruh, namun jenis dari lemak
yang dikonsumsi terkait dengan risiko endometriosis. Lemak trans juga
dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
Lemak trans merupakan minyak cair yang telah berubah menjadi padat oleh
proses yang disebut hidrogenasi dan terdapat dalam ribuan makanan siap
saji untuk memberikan tekstur. Proses hidrogenasi merupakan proses
pengubahan asam lemak tidak jenuh menjadi asam lemak jenuh. Asam lemak
tidak jenuh umumnya ditemukan pada bahan-bahan nabati, seperti minyak
sayur, sementara asam lemak jenuh terdapat pada bahan-bahan hewani seperti
margarin dan butter.
Seperti yang dilansir dari Telegraph.co.uk, penelitian yang
melibatkan lebih dari 70.000 perempuan di Amerika ini, adalah yang
terbesar yang melihat hubungan antara pola makan dan endometriosis.
Penelitian sebelumnya menemukan bahwa mengonsumsi empat gram lemak trans
sehari dapat menyebabkan kemandulan pada perempuan.
Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi
kandungan asam lemak omega 3 seperti yang terdapat dalam minyak ikan,
tampaknya mampu melindungi kelainan dalam rahim. Para partisipan yang
mengonsumsi bahan makan makanan kaya omega-3 fatty acid dapat melindungi
diri dalam melawan penyakit ini dan mengalami penurunan risiko hingga 22
persen.
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction
menyebutkan bahwa lemak trans meningkatkan peradangan dalam tubuh
mendorong sel-sel jahat pada lapisan rahim untuk tumbuh, sementara omega-3
fatty acids bertindak untuk menyusutkan pertumbuhan mereka.
Penulis utama Dr Stacey Missmer, seorang asisten profesor kebidanan,
ginekologi dan biologi reproduksi di Brigham and Women's Hospital dan
Harvard Medical School di Boston, Amerika, mengatakan: "Studi ini
memberikan indikasi yang kuat bahwa kami di jalur yang benar dalam
mengidentifikasi bahwa makanan yang kaya Omega-3 minyak dapat melindungi
dari endometriosis sementara lemak trans memiliki efek yang merugikan."
Disclaimer:
Website BioAvail.Net ini bukan web resmi perusahaan (www.AvailElok.co.id), melainkan
milik pribadi saya (admin) untuk membantu anda menjalankan bisnis AVAIL. Tidak ada transaksi keuangan, bonus, refund, atau klaim apapun
yang dapat dibebankan pada kami pengelola BioAvail.Net. Informasi terupdate
tentang AVAIL tetaplah di pusatnya www.AvailElok.co.id, Anda pun dengan seksama harus
membaca dan menyetujui segala bentuk agreement oleh www.AvailElok.co.id sebelum
memutuskan menjadi bagian team bisnis kami.